how i feel become 'anak rantau'

by - Wednesday, January 02, 2019





Assalamualaikum. Wr. Wb. 


HALLUUU, welcome backkk!! Setelah sekian lama gak ngepost content alhamdulillah akhirnya bisa nulis lagi yeyy!. I’m so sorry buat yang selalu aku janjiin via dm buat ngepost story tapi gak aku post-post. Bener-bener baru dapet feel nulis lagi nihh hehehe. Nah, kali ini aku mau share story gimana sih rasanya jadi anak rantau selama 6 bulan belakangan ini. So keep reading yaa. 

Nah, buat yang belum tau aku selama ini tinggal di bali. Yes, i've been live in bali for 17 years old. bu i have to go. Jadi selama beberapa bulan kemarin dan beberapa tahun kedepan insyaAllah aku tinggal di jogja. Aku lanjut kuliah di salah satu universitas swasta di yogyakarta, Universitas Islam Indonesia. Aku ngambil program studi teknik indusri, fakultas teknologi indusri. Yaa masih bisa dibilang maba juga sih yaa kan baru 6 bulan hehehe. Untuk tempat tinggal, aku milig ngekost biar mandiri juga sih. Tinggal di yogyakarta bener-bener engga ada di plan aku. so i have plan to study in bandung. aku dulu cinta banget sama bandung, sekarang juga sih, tapi tenang buat aku yogyakarta tetap istimewa. Awalnya aku kira aku gak akan ngerasain tuh yang namanya homesick atau nangis menye-menye kangen suasana bali. Tapi ternyata.... awal aku pindah nangis 3 hari 3 malem. Sumpah yaa bukannya lebay tapi beneran deh sesedih itu woyy. 

Waktu aku dianterin sama keluarga aku ke bandara aku gak nangis tuh, ibu ataupun bapak aku juga gak nangis kok. Bahkan waktu aku sampe di tempat kos aku juga aku gak nangis. Puncaknya iu pas aku mau tidur, i don't feel comfort wih my new room. Aku ngerasa asing aja gitu kayak ini bukan kamar yang aku pakai biasanya. Fyi, rumah aku selalu rame literally 24 jam selalu rame. Tapi yang aku rasain waktu itu bener-bener beda 360 derajat karena kos aku sepi pol. Keadaan inipun berlanjut sampe 3 hari kedepan. Aku gabisa tidur tenang, tidur jam 12 bangun jam 5 setiap mau tidur selalu deg-degan gatau kenapa. Aneh memang. Aku nanya ketemen- temen aku yang pernah tinggal di asrama. Mereka bilang kalau mau gak ngerasain homesick larinya main sama temen- temen baru. Dan aku itu tipe orang introvert plus pemalu buat kenalan sama orang baru. Tapi alhamdulillah dari awal gathering sampe saat ini aku udah punya banyak temen yang bisa ngurangin rasa homesick aku sama bali.

Memang buat orang yang baru ngerantau dan jauh dari orang tua kayak aku ini pasti bakalan sulit. Nangis mulu deh kerjaannya kepingin pulang. Tapi harus kita inget lagi, disini tuh kita belajar. Belajar mandiri, belajar jauh dari orang tua, dan belajar buat masa depan kita. Mau gak mau kita harus terbiasa dengan keadaan ini karena ini akan kita alami selama beberapa tahun kedepan. Buat kalian yang bakalan ngerasain jadi anak rantau pesan aku mending cari dulu temen se- anak rantau biar kalian gak ngerasain homesick. Emang main sama temen tuh obat paling ampuh buat ngatasin homesick kita. 




Thankyou for rania, my bestfiend and my best enemy since tk, smp, sma, sampe kuliah pun bareng;)
Also big thanks to my temen-temen recehku putri & indah yang udah nemenin  aku selama 6 bulan ini (- bagas & rifki)

Nah, segitu dulu cerita dari anak rantau, buat calon-calon anak rantau semangatt yaa. Prepare yourself hahaha. Untuk content selanjunya kalian mau apa nih, yukk request bisa sharing story tentang Pendidikan, skincare or anything. Don’t forget to comment. I’ll wait you gais. See you on next post. 



 With love,



 Mayla.

You May Also Like

1 comments

  1. cerita tentang teknik industri dong kak sama sharing tentang uii

    ReplyDelete